gravatar

PLC Omron CJ1M: Aritmatika pada Ladder

PLC Omron CJ1M: Aritmatika pada Ladder

Operasi aritmatika juga terkadang dibutuhkan dalam pengendalian dengan PLC. Operasi ini sekarang sudah tersedia dalam PLC sehingga bisa digunakan dalam program ladder. Operasi-operasi aritmatika ini mencakup penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, bahkan trigonometri. Bilangan yang diolah bisa berbentuk integer (bilangan bulat) dan juga float (bilangan pecahan). Berikut akan saya tunjukkan penggunaan operasi aritmatika pada PLC Omron CJ1M Series.

Contoh ini akan memperlihatkan penggunaan operasi aritmatika untuk menkonversi data word (16-bit) input analog menjadi nilai analog yang sebenarnya masuk. Misalkan input analog menerima input arus 4 – 20 mA dan dikonversi menjadi data word dengan resolusi 4000. Berdasarkan datasheet, sinyal ini dikonversi menjadi 4 mA = 0000hex dan 20 mA = 0FA0hex sehingga persamaan konversinya adalah

i = 10hex/0FA0hex * (x + 03E8hex)

dengan:

i = nilai arus

x = word hasil konversi

Input analog misalkan disetting Unit No. 2 dan arus masuk dari terminal pin 3. Jadi, input yang sudah dikonversi, yakni x, akan berada di alamat CIO 2023. Untuk mengubah data word x menjadi nilai arus i, langkah pertama adalah menjumlah x dengan angka 03E8hex. Operasi ini menggunakan fungsi + 2023 #03E8 D0. Fungsi itu menjumlahkan bilangan yang berada di CIO2023 dengan angka 03E8hex dan hasilnya dimasukkan ke dalam DM0.

Setelah itu, hasilnya yang di dalam DM0000 dikalikan dengan angka 10hex dengan fungsi * DM0000 #10 DM0001. Hasil perkalian ini dimasukkan ke dalam memori DM0001 dan DM0002. Dua alamat memori digunakan untuk menampung hasil perkalian karena hasil perkalian dua bilangan word (16 bit) bisa menghasilkan bilangan sepanjang 2 word (32 bit).

Kemudian, hasil perkalian tadi harus dibagi dengan bilangan 0FA0hex. Karena hasil pembagian bisa menghasilkan bilangan pecahan, maka hasil perkalian dan bilangan oFAohex harus diubah ke dalam bentuk float terlebih dahulu. Hasil perkalian di DM0001 dan DM0002 diubah ke float dengan fungsi FLTL D1 D3 dan bilangan 0FA0hex diubah ke float dengan fungsi FLT #0FA0 D5. FLTL berfungsi untuk mengubah bilangan 2 word (32-bit) menjadi float dan FLT mengubah bilangan 1 word (16-bit) menjadi float. Bentuk float hasil perkalian disimpan di DM0003 dan 0FA0hex disimpan di DM0005.

Yang terakhir adalah operasi pembagian. Hasil perkalian yang sudah berbentuk float tadi dibagi dengan bilangan 0FA0hex yang sudah berupa float juga. Operasi ini menggunakan fungsi /F D3 D5 D7. Bilangan hasil perkalian yang disimpan di DM0003 dibagi dengan bilangan 0FA0hex yang disimpan di DM0005. Hasil pembagian ini disimpan dalam DM0007. Selesailah perhitungan arus yang masuk ke input analog. Hasil akhirnya adalah nilai arus yang masuk ke input analog dalam mA. Dalam diagram ladder, operasi-operasi aritmatika tadi menjadi seperti ini:

aritmatik


(Sumber: akirajunto.wordpress.com)


gravatar

mas aku mau tanya...

aku kan mau bikin program counter PLC

jadi ada dua counter...

bagaimana caranya membuat pengurangan counter

seperti counter 1 - counter 2

jika hasilnya 0 maka akan menggerakan kontak k1

jika hasilnya 9 maka akan menggerakan kontak k2

terima kasih sebelumnya

bisa di balas di email saya di

b4yu_best@ymail.com

gravatar

dear,mas bayu
pertama maaf saya baru online,dan semoga jawaban saya tidak terlambat
untuk lebih jelasnya saya kirim laddernya ke email anda

gravatar

dear mas Iwan Yudianto,
saya mau bikin program arithmatik, dengan kondisi :
1. Menghitung selesih berat tiap detik (input plc dari indikator berat dengan sambungan rs232)
2. ketika selisih berat turun maka kecepatan rpm motor naik (output plc ke inverter)

terima kasih ya, bisa dibalas di rickysanjaya1994@gmail.com

Pengikut